C++ Intro

Setelah Intro ini akan ada soal – soal yang akan di upload beserta penjelasaannya. Soal yang diberikan harus diselesaikan dengan bahasa c/c++. Jika ada yang belum punya atau tau compiler c++, ini merupakan link untuk mendownload visual studio. Compiler lain will also works fine.

Berikut ini adalah beberapa hal dasar yang perlu diketahui sebelum mengerjakan soal yang akan di upload.

1. Include library

Sebelum menulis program masukan dulu library, sebagai rujukan, yang dibutuhkan untuk soal – soal ini adalah #include yang artinya standard input/output.

2.  Standard Structure

int main (){

return 0;

}

Kode ini adalah yang biasa digunakan kalau bingung kenapa ada return 0, nanti akan mengerti saat belajar mengenai function dan output dari function.

3. Deklarasi variable

Bila kita mau menggunakan variable maka kita harus mendeklarasikannya terlebih dulu beserta dengan tipe datanya

ex:

int a;               → mendeklarasikan variable a dengan tipe data integer

char nama;   → mendeklarasikan variable ‘nama’ dengan tipe data character

int a[y][x]     → mendeklarasian array 2 dimensi ( kalau [] hanya satu maka satu                               dimensi) dengan jumlah  baris y dan kolom x, perlu diketaui bila                               mau merujuk suatu variable dalam array makan dimulai dari                                   angka 0 bukan 1.

4. Scan

Scan dilakukan dengan cara memasukan hasil input user ke dalam suatu varible dengan penulisan:

scanf(“%tipedata”,&variable);

ex:

scanf(“%d”,&i); untuk memasukan suatu nilai integer ke dalam variable i

scanf(“%s”,&nama); untuk memasukan array of characters atau string ke nama

5. Print

Digunakan untuk menampilkan nilai dari suatu variable atau character yang kita inginkan ataupun escape sequence ke layar.

printf(“nama anda : %s \n”,nama);

artinya di layar akan ditampilkan nama anda : “isi variable nama” di ikuti dengan new line atau istilah noob nya enter.

6. Looping 

Ada beberapa cara untuk melakukan looping, bisa dengan for(), do while, while ataupun menulis function di dalam function, tetapi yang terkahir belum akan dibahas

1. for(a;b;c){ perintah} → looping ini digunakan untuk menjalankan perintah sampai kondisi di b sudah bernilai false, sedangkan a adalah perintah yang dilakukan sekali pada awal sedangkan c adalah perintah yang dilakukan setiap kali perintah for dikerjakan.

2. while (a) → looping ini akan melakukan perintah yang ditulis setelah while sampai kondisi a bernilai salah.

3. do..while(a) → looping ini sama dengan while, bedanaya, perintah do pasti akan dikerjakan paling tidak sekali, baru setelah itu dilakukan pengecekan kondisi a.

7. Percabangan

Kode yang ditulis untuk melakukan suatu pengecekan terhadap kondisi, ada if, switch dan yang lain, tapi yang sering digunakan hanya if/else if.

if(a) → Percabangan ini akan mengecek apakah nilai dari a dalah true/false bila false maka perintah tidak akan dikerjakan

else if (b) → percabangan ini ditulis di bawah perintah if, dimana bila kondisi a salah akan dilakukan pengecekan terhadap kondisi b, bila a benar, pengecekan terhadap b tidak dilakukan.

else → bukan percabangan, tapi kode ini ditulis untuk menjalankan perintah apa bila kondisi yang di cek pada if diatas salah.

8.  Operasi Matematika

Sama dengan pelajaran logika matematika pada SMA, hanya saja penulisannya berbeda dan hanya bisa dikerjakan dua – dua. Untuk informasi lebih lengkap click di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *